Berbagai Destinasi Pilihan di Sekitar Taman Wisata Ujung Kulon, Apa Saja?

Ada salah satu taman nasional yang berada di ujung barat Pulau Jawa yaitu Taman Nasional Ujung Kulon. Lokasinya ada di Kecamatan Sumur dan juga Cimanggu yang masih termasuk dalam Kabupaten Pandeglang Banten. Luasnya sekitar 122.956 hektar dan sekitar 44.337 dari total luas merupakan perairan. Dengan area yang cukup luas, tempat ini bisa menjadi tempat menarik untuk dijelajahi setiap orang apalagi banyak sekali destinasi di sekitar Taman Wisata Ujung Kulon yang ada di Banten ini. Penasaran dengan beragam destinasi? di bawah ini akan dibahas dengan lengkap mengenai destinasi di daerah Ujung Kulon.

Pulau Peucang

Dari beberapa destinasi yang ada di Ujung Kulon, salah satu yang populer di masyarakat adalah Pulau Peucang. Pulau ini bahkan banyak yang menyebutnya sebagai dream island atau pulau impian. Setiap pengunjung bisa menikmati panorama yang ada di bawah laut dengan aktivitas snorkeling dan juga diving. Adanya gugusan karang yang dilengkapi dengan ikan-ikan laut yang indah tentunya menjadi daya tarik dari pulau ini. Apalagi ada beberapa penginapan yang tersedia di pulau ini sehingga bisa bermalam dan menikmati suasana di pulau yang berada di ujung barat Pulau Jawa ini.

Padang Penggembalaan Cidaon

Destinasi selanjutnya adalah Padang Penggembalaan Cidaon yang harus menggunakan perahu untuk menyeberang dan sampai di tempat ini. Tidak jauh sekitar 250 meter, maka pengunjung bisa melihat atraksi banteng yang ada di padang penggembalaan. Sekumpulan banteng akan bisa dilihat ketika pagi hari dan cuaca sedang cerah sekitar jam 6 sampai jam 8 pagi. Pastikan setiap pengunjung tidak terlalu dekat jaraknya dengan banteng karena bisa membuat hewan terganggu dan bisa membahayakan para pengunjung yang berada di sekitar penggembalaan. Maka itu ada baiknya untuk menggunakan teropong yang ada di Menara Pandang untuk melihat banteng. Selain banteng, biasanya terdapat juga buruk Merak dan ayam hutan yang akan terlihat di sekitar penggembalaan. Jika sampai sore di tempat ini, maka bisa dengan santai menikmati sunset indah di tepi pantai.

Padang Penggembalaan Cibunar

Selain Cidaon, ada juga Padang Penggembalaan Cibunar yang cocok untuk kegiatan trekking menyusuri hutan pantai serta hutan hujan yang terletak di dataran rendah alami. Selama melakukan kegiatan trekking maka akan bertemu dengan beberapa hewan seperti burung atau vegetasi pakan badak. Kegiatan trekking ini dimulai dari bagian utara menuju selatan sehingga pengunjung akan merasakan perbedaan pada karakteristik hutan. Jika sudah sampai di Padang Penggembalaan Cibunar tentunya bisa langsung menyaksikan sekumpulan banteng yang ada di padang rumput.

Itulah 3 destinasi yang ada di sekitaran Ujung Kulon yang membuat banyak masyarakat Tangerang dalam ke tempat ini untuk menikmati liburan di alam terbuka. Tentunya taman nasional seperti ini tidak ditemukan di tempat wisata Kota Tangerang sehingga banyak yang memilih pergi kesini saat akhir pekan tiba.