Cara Investasi Reksa Dana untuk Pemula dengan Tipe Risiko

Setiap investasi tidak hanya fokus pada keuntungan yang akan didapatkan saja, tetapi juga faktor risiko yang bisa dirasakan. Investasi tidak hanya tentang cuan, cuan, cuan saja yang menguntungkan. Tetapi juga Anda bisa merasakan risiko apabila tidak bisa memilih investasi dengan tepat. Oleh karena itulah faktor risiko tersebut juga bisa menjadi pertimbangan ketika akan berinvestasi. Termasuk bagi yang akan melakukan investasi reksa dana, pastikan untuk pelajari terlebih dahulu mengenai istilah yang ada di reksa dana. Cara investasi reksa dana untuk pemula yang bisa dilakukan selanjutnya adalah dengan mengetahui risiko untuk mendapatkan jenis reksa dana yang tepat.

Cara mengetahui risiko tersebut bisa lewat profil risiko yang akan bisa digunakan untuk memilih jenis reksa dana. Profil risiko tersebut akan disesuaikan dengan karakter investor ketika melakukan investasi. Apakah mempunyai keinginan untuk mendapatkan banyak keuntungan atau mengurangi risiko. Untuk profil risiko yang bisa diperhatikan ketika akan memilih jenis investasi reksa dana adalah tiga berikut ini:

1. Tipe konservatif

Profil risiko pertama yang bisa digunakan untuk memilih jenis investasi reksa dana yang akan dilakukan adalah tipe konservatif. Tipe ini merupakan risk averse yang mempunyai fokus untuk mendapatkan keuangan yang sehat dan investasi untuk menghindari risiko. Sehingga jenis investasi reksa dana yang cocok dipilih produk dengan risiko paling rendah karena mempunyai fokus utama untuk menghindari risiko. Walaupun mempunyai risiko paling rendah, tetapi keuntungan investasi reksa dana juga akan lebih tinggi bunga yang didapatkan dibandingkan tabungan biasa. Oleh karena itulah jenis ini merupakan sangat cocok bagi investor pemula tipe konservatif ini. Karena selain menghindari kerugian atau risiko, hal lainnya yang menjadi fokus dari tipe ini adalah menginginkan investasi yang aman dan modal agar tidak berkurang. Jenis investasi ini akan memberikan keuntungan sebagai instrumen investasi yang stabil dengan risiko rendah. Bagi yang cocok dengan tipe konservatif ini bisa memilih instrumen reksa dana pasar uang yang menempatkan dananya di tempat yang aman seperti tabungan dan deposito.

2. Tipe moderat

Cara investasi reksa dana untuk pemula yang dipilih dari risikonya adalah tipe moderat atau sedang. Tipe ini mempunyai karakter yang akan lebih siap untuk menerima risiko yang dihadapi saat berinvestasi. Sehingga tipe moderat akan siap untuk menerima fluktuasi jangka pendek. Karena mempunyai faktor risiko yang sedang dan lebih besar dibandingkan tipe sebelumnya, untuk keuntungan investasi tipe moderat ini juga akan lebih tinggi. Bagi yang cocok dengan tipe ini bisa memilih instrumen reksa dana campuran yang mempunyai faktor risiko rendah tetapi mempunyai keuntungan yang lebih besar.

3. Tipe agresif

Tipe terakhir untuk memilih jenis investasi reksa dana adalah tipe agresif. Jenis ini mempunyai profil risiko yang tentunya sudah siap untuk untung atau rugi. Bagi tipe agresif ini merupakan risk taker yang sudah mengetahui mengenai investasi yaitu bisa untung atau kehilangan. Sehingga untuk produk yang akan dipilih juga sangat cocok dengan keuntungan imbal hasil yang besar, tetapi juga mempunyai risiko yang tinggi. Bagi jenis investasi yang cocok tentunya reksa dana saham yang menawarkan keuntungan tinggi dan risiko besar. Instrumen tersebut akan ditempatkan di forex, trading saham, dan juga komoditas. Tipe ini juga biasanya mempunyai keberanian untuk melakukan jenis investasi lainnya dengan risiko dan keuntungan besar.

Dengan mengenali tipe dari profil risiko tersebut, bisa dimanfaatkan untuk memilih investasi reksa dana. Ada banyak instrumen reksa dana yang bisa disesuaikan dengan karakteristik investor pemula tersebut. Selain profil risikonya, pastikan juga untuk memilih reksa dana yang sesuai dengan tujuan yang dipunyai, alokasi dana yang dipunyai, dan jangka waktu investasi yang akan dilakukan.

Untuk cara investasi reksa dana untuk pemula yang mudah tersebut bisa dilakukan lewat Syailendra. Manajer Investasi ini menawarkan banyak sekali jenis investasi reksa dana yang lengkap dan bisa dipilih sesuai profil risiko yang dipunyai. Selain itu, Anda bisa memanfaatkan menu Goals Planner yang akan membantu untuk mewujudkan goal investasi yang dilakukan. Dengan mengetahui tujuan tersebut juga akan lebih mudah menetapkan target investasi dan melakukan kalkulasi investasi yang sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Kunjungi website Syailendra capital untuk mendapatkan pengalaman investasi reksa dana lainnya.

Sumber : https://syailendracapital.com/faq/bagaimana-cara-memulai-investasi-reksa-dana-dari-nol