Cara Memasak Sayuran Yang Benar Agar Gizinya Tidak Hilang

Memasak sayuran ternyata merupakan hal yang gampang-gampang susah. Mengapa demikian? Karena jika dimasak secara asal-asalan, maka gizi yang terkandung di dalamnya akan hilang. Hal ini tentu akan percuma saja karena tujuan kita memakan sayur adalah demi mendapatkan gizi atau nutrisi yang ada di dalamnya bukan?

Lalu bagaimana cara memasak sayuran yang benar agar gizinya tidak hilang? Sebelum mengetahui bagaimana cara memasak sayuran, hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana cara menyimpan sayur-sayuran dengan tepat. Hal ini juga akan mempengaruhi kesegaran dan kadar nutrisi dalam sayur. Sebab makin lama disimpan, maka sayuran akan berubah menjadi layu dan gizinya juga pasti akan berkurang.

Tips Memasak Sayur Agar Gizinya Tidak Hilang

Setelah sayur disimpan dengan cara yang baik dan benar, langkah selanjutnya yang perlu Anda kuasai adalah bagaimana cara memasak sayuran yang benar agar gizinya tidak hilang. Berbeda dengan buah yang sebagian besar bisa dikonsumsi secara langsung tanpa perlu dimasak, beberapa sayur biasanya perlu dimasak terlebih dahulu. Namun, sayuran kaya akan vitamin B kompleks dan vitamin C yang bersifat larut air sehingga mudah hilang selama proses pemasakan.

Dengan mengetahui cara memasak sayuran yang benar, Anda bisa dengan mudah mencegah hal tersebut terjadi. Oleh sebab itu, ikuti cara-cara di bawah ini:

1. Hindari Memasak Dengan Cara Merebus

Agar gizi yang terkandung dalam sayur tidak hilang, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan menghindari cara merebus. Meskipun metode merebus merupakan metode yang sudah wajar dan sering dilakukan, namun merebus sayuran memiliki risiko vitamin yang terkandung dalam sayuran akan hilang.

2. Mengukus

Anda pasti sudah sering mendengar jika memasak sayuran dengan cara mengukus merupakan metode yang paling sehat. Lain halnya dengan merebus, mengukus sayuran tidak akan bersentuhan langsung dengan air sehingga vitamin atau gizi yang ada tidak akan larut ke dalam air.

3. Menumis

Metode lain yang bisa Anda gunakan saat memasak sayuran agar tidak kehilangan gizinya adalah dengan cara menumisnya. Selain tidak akan menghilangkan gizi yang terkandung, menumis sayuran juga akan menciptakan cita rasa yang lebih lezat.

4. Menggunakan Microwave

Semakin lama, ada banyak sekali peralatan masak yang bisa membantu kebutuhan sehari-hari dan membuat setiap urusan menjadi lebih praktis. Salah satunya adalah memasak dengan menggunakan microwave. Selain praktis, memasak sayuran menggunakan microwave bekerja dengan cara memanaskan molekul air yang ada di dalam sayuran sehingga Anda tidak perlu menambahkan air yang bisa menyerap gizi sayuran.

5. Memanggang Tanpa Arang

Metode terakhir agar bisa memasak sayur dengan benar tanpa kehilangan gizi adalah dengan memanggang tanpa arang. Metode ini akan sangat cocok untuk memasak sayuran seperti bayam, bawang bombay, buncis, brokoli, seledri, tomat, asparagus dan terong. Memanggang tanpa arang akan membantu penyerapan antioksidan dan vitamin menjadi lebih tinggi sehingga membutuhkan waktu yang tepat untuk mengolahnya.

Nah, setelah mengetahui bagaimana cara memasak sayuran yang benar agar gizinya tidak hilang sesuai dengan penjelasan di atas, kini Anda bisa langsung mempraktekkannya. Selain wajib mengetahui bagaimana cara mengolah dengan tepat, Anda juga wajib untuk memilih sayuran yang berkualitas. Sayuran dengan mutu dan kualitas yang terbaik tentu akan mengandung gizi yang banyak.

Jika Anda bingung mendapatkan sayuran dengan kualitas terbaik di masa pandemi seperti saat ini, Anda bisa dengan mudah mendapatkannya di TaniHub. Dengan TaniHub Anda tidak perlu membuang waktu dan tenaga untuk pergi ke pasar untuk membeli sayuran. Cukup duduk manis di rumah, pilih sayuran yang ingin dibeli, bayar dan sayur yang Anda pesan akan diantar. Mudah bukan?  😊