Es Campur, Hidangan Segar yang Bikin Nagih

Asal Usul Es Campur

Hello Sobat Sinarnarasi! Siapa di sini yang suka es campur? Es campur memang salah satu hidangan yang terkenal di Indonesia, terutama saat cuaca panas. Es campur terdiri dari berbagai macam bahan yang dicampur dengan potongan es batu. Hidangan ini sangat beragam, tergantung daerah masing-masing. Namun, tahukah kalian asal muasal es campur?Es campur pertama kali ditemukan di Pulau Jawa, Indonesia. Dulunya, es campur hanya terdiri dari potongan es batu dan santan kelapa yang dicampur dengan gula merah. Namun, seiring perkembangan zaman, bahan campuran es campur semakin beragam. Sekarang, es campur biasanya terdiri dari buah-buahan segar, jeli, kacang merah, cincau, dan susu kental manis.

Ragam Bahan yang Digunakan di dalam Es Campur

Es campur memang terkenal dengan banyaknya bahan yang digunakan. Bahan yang digunakan pun beragam tergantung dengan daerah masing-masing. Di Jawa Tengah, es campur biasanya terdiri dari potongan buah-buahan seperti nangka, kelapa muda, dan mangga. Sedangkan di Jawa Barat, es campur juga ditambahkan dengan kacang hijau dan roti tawar.Selain itu, ada juga es campur yang terkenal di daerah Sunda yaitu es doger. Es doger terdiri dari potongan ubi ungu, tape ketan, dan cendol yang dicampur dengan gula merah dan santan kelapa. Di daerah Sumatera Selatan, es campur biasanya terdiri dari potongan buah naga, kelapa muda, dan cincau.

Cara Membuat Es Campur

Untuk kamu yang ingin membuat es campur di rumah, caranya sangat mudah! Pertama-tama, siapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Potong buah-buahan dan jeli sesuai dengan selera. Kemudian, siapkan es batu yang sudah dihancurkan.Setelah itu, campurkan semua bahan di dalam mangkuk atau gelas. Tambahkan susu kental manis dan sirup sesuai dengan selera. Jangan lupa tambahkan potongan es batu di atasnya agar terasa lebih segar dan dingin.

Khasiat Es Campur

Selain rasanya yang enak, es campur juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah-buahan yang digunakan sebagai bahan di dalam es campur mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Selain itu, es campur juga mengandung air yang banyak sehingga bisa membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi.Namun, bagi kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan, sebaiknya kurangi konsumsi es campur. Karena es campur biasanya juga ditambahkan dengan gula, susu kental manis, atau sirup yang tinggi kalori.

Kesimpulan

Itulah tadi beberapa hal tentang es campur. Es campur memang hidangan yang sangat cocok untuk mengatasi rasa haus saat cuaca panas. Terlebih lagi, es campur juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, tetap perhatikan jumlah konsumsinya agar tidak berlebihan. Selamat mencoba membuat es campur di rumah dan nikmati hidangan segar ini bersama keluarga tercinta!