Ikan Cue: Tips Memelihara, Menjaga Kesehatan, dan Resep Masakannya

Apa itu ikan cue?

Hello Sobat SinarNarasi! Kali ini kita akan membahas tentang ikan cue. Mungkin sebagian dari kalian belum familiar dengan ikan satu ini. Ikan cue adalah salah satu jenis ikan air tawar yang berasal dari Sungai Kapuas, Kalimantan Barat. Ikan cue memiliki ukuran yang relatif kecil dengan panjang maksimal sekitar 10-12 cm. Ikan ini juga dikenal dengan sejumlah nama lain seperti ikan kelasi, ikan kapeh, atau ikan ramaras.

Cara memelihara ikan cue

Jika kalian ingin memelihara ikan cue, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan untuk menyediakan akuarium yang sesuai dengan ukuran ikan cue. Ikan cue dapat hidup dengan baik dalam akuarium berukuran minimal 40 liter. Kedua, jangan lupa untuk memberikan aksesori seperti filter dan pemanas air agar lingkungan dalam akuarium tetap sehat dan stabil.Selain itu, pemilihan pakan yang tepat juga sangat penting untuk memelihara keberlangsungan hidup ikan cue. Ikan cue cenderung menyukai pakan hidup seperti cacing sutra atau kutu air. Namun, bukan berarti kalian tidak bisa memberikan pakan yang sudah mati seperti butiran ikan atau pelet ikan. Pastikan untuk memberikan pakan dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan.

Menjaga kesehatan ikan cue

Agar ikan cue tetap sehat dan tidak mudah sakit, kalian perlu melakukan beberapa langkah perawatan. Pertama, pastikan untuk mengganti air dalam akuarium secara berkala. Air yang kotor dapat memicu infeksi dan penyakit pada ikan cue. Kedua, jangan lupa untuk memperhatikan kondisi akuarium seperti pH dan suhu air. Ikan cue cenderung membutuhkan air yang bersih dan stabil.Selain itu, pastikan untuk memeriksa kesehatan ikan cue secara berkala. Perhatikan apakah ada tanda-tanda ikan cue yang sakit seperti warna tubuh yang pucat atau gerakan yang lambat. Jika terdapat tanda-tanda tersebut, segera lakukan tindakan pengobatan atau konsultasikan ke dokter hewan.

Resep masakan ikan cue

Selain dimakan langsung atau dijadikan pakan ikan predator lain, ikan cue juga bisa diolah menjadi hidangan lezat. Salah satu resep masakan ikan cue yang mudah dan enak adalah ikan cue goreng tepung. Caranya cukup mudah. Pertama, bersihkan ikan cue dan lumuri dengan air jeruk nipis. Kemudian, campurkan tepung bumbu dengan tepung terigu dan garam. Gulingkan ikan cue ke dalam campuran tepung hingga merata. Goreng ikan cue dalam minyak panas hingga kecokelatan. Sajikan ikan cue goreng tepung bersama nasi putih dan sambal matah.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips memelihara, menjaga kesehatan, dan resep masakan dari ikan cue. Meskipun ukurannya kecil, namun ikan cue memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi dan juga memiliki rasa yang lezat. Jadi, jika kalian belum pernah mencoba ikan cue, cobalah untuk membelinya di pasar ikan terdekat atau memeliharanya di dalam akuarium. Selamat mencoba!