Internet Marketing vs Pemasaran Tradisional, Lebih Efektif Mana?

Pemasaran merupakan kegiatan yang sudah dijalankan oleh peradaban manusia sejak lama, bahkan dari jaman dahulu kala. Kegiatan pemasaran merupakan salah satu roda penggerak untuk kehidupan, karena berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan dan perekonomian. Seiring berjalannya waktu, pemasaran pun semakin berkembang dengan memanfaatkan teknologi yaitu internet marketing.

Lalu, apa perbedaan praktik pemasaran ini dengan pemasaran tradisional? Dan mana yang lebih efektif untuk membangun dan mengembangkan bisnis Anda? Temukan jawaban selengkapnya di sini, ya!

Memahami Pemasaran Tradisional dan Internet Marketing

Konsep sederhana dari pemasaran tradisional adalah praktik pemasaran konvensional yang diterapkan di luar konteks digital. Misalnya pemasangan iklan di televisi dan surat kabar, promosi di billboard, pemasangan banner, membagikan brosur serta flyer, dan lain sebagainya. Anda tentu sudah sering melihat kegiatan pemasaran yang seperti ini, bukan?

Sementara internet marketing, yang juga dikenal dengan sebutan digital marketing, adalah kegiatan pemasaran melalui internet atau platform digital. Beberapa contoh implementasi internet marketing adalah pemasangan iklan digital, pemasaran melalui media sosial, pembuatan website dan optimasi SEO, serta masih banyak lagi lainnya.

Internet Marketing vs Pemasaran Tradisional, Ini Bedanya

Untuk lebih memahami mengenai internet marketing dan pemasaran tradisional, berikut beberapa perbedaan mendasar kedua jenis pemasaran tersebut.

Media dan Channel Pemasaran

Perbedaan pertama bisa dilihat dari media atau channel pemasaran yang digunakan dalam penerapannya. Pemasaran digital menggunakan media dan channel konvensional, seperti televisi, surat kabar, papan reklame. Sedangkan internet marketing, seperti namanya, menggunakan media digital yang terkoneksi dengan internet.

Jangkauan Pemasaran

Perbedaan selanjutnya dapat Anda lihat dari jangkauan target audience kedua jenis pemasaran ini. Jika Anda memasang iklan di televisi pada jam 7 malam misalnya, maka kemungkinan iklan tersebut hanya menjangkau penonton yang melihat pada jam tersebut. Namun jika Anda memasang iklan digital, audience bisa melihat iklan tersebut kapanpun tak terbatas waktu.

Begitu juga dari segi wilayah. Ketika Anda memasang iklan di papan reklame, iklan tersebut hanya akan dilihat oleh orang-orang yang lewat di daerah tersebut. Sementara ketika Anda memasang banner di internet, iklan Anda bisa dilihat oleh orang-orang dimanapun tak terbatas tempat.

Pengukuran Strategi Pemasaran

Salah satu keunggulan internet marketing adalah dari segi pengukuran. Anda dapat melihat hasil dari implementasi strategi pemasaran dengan lebih jelas dan terukur. Misalnya dari sebuah kampanye pemasaran digital, Anda dapat melihat berapa banyak orang yang melihat iklan tersebut sampai terbentuk tindakan seperti pembelian.

Sedangkan ketika Anda memasang iklan di media tradisional, cukup sulit untuk mengukur seberapa efektif iklan tersebut. Misalnya Anda memasang iklan di surat kabar, Anda tidak tahu berapa banyak orang yang melihat iklan tersebut kemudian membeli produknya.

Biaya Kegiatan Pemasaran

Perbedaan terakhir yang tak kalah pentingnya adalah dari segi biaya atau budget yang dibutuhkan. Secara general, biaya praktik pemasaran tradisional lebih mahal dibanding dengan internet marketing. Mulai dari pembuatan materi promosi sampai biaya yang dibutuhkan untuk memasang iklan tersebut.

Sedangkan melalui internet marketing, Anda bisa lebih menekan budget dengan lebih efektif dan efisien. Anda dapat lebih mudah mengatur biaya pemasaran untuk strategi yang dirasa tepat dalam menyasar audience. Dengan begitu, biaya pemasaran yang dikeluarkan pun lebih efektif dan tidak terbuang sia-sia.

Internet Marketing vs Pemasaran Tradisional, Lebih Cocok yang Mana?

Baik pemasaran tradisional maupun internet marketing, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda dapat menggunakan strategi pemasaran manapun yang cocok untuk memenuhi kebutuhan dan target bisnis. Bahkan bukan tidak mungkin jika Anda ingin mengkombinasikan penggunaan pemasaran tradisional dan digital marketing sekaligus.

Meski tentu saja, penerapan internet marketing sangat penting untuk Anda masukkan ke dalam proses pemasaran Anda. Hal ini dapat menjadi peluang besar bagi Anda untuk mengembangkan bisnis dan menyasar target pasar dengan lebih tepat.

Karena terbilang lebih baru dibanding pemasaran tradisional, penerapan internet marketing ini memang membutuhkan keahlian khusus. Agar implementasinya bisa optimal, sebaiknya Anda menggunakan jasa profesional dari digital marketing agency. Melalui agensi digital yang terpercaya, Anda bisa menerapkan strategi-strategi yang sesuai untuk perkembangan bisnis Anda.