olahan telur

Hello Sobat SinarNarasi! Siapa yang tidak suka dengan telur? Rasanya yang lezat dan kaya protein membuatnya menjadi salah satu bahan makanan yang paling banyak digemari di dunia. Selain itu, telur juga mudah untuk diolah menjadi berbagai hidangan yang nikmat. Nah, kali ini kita akan membahas beberapa olahan telur yang mudah dibuat di rumah. Yuk simak!

1. Telur Dadar

Telur dadar mungkin merupakan olahan telur yang paling mudah dan sering dibuat. Tidak memerlukan banyak bahan, hanya telur, garam, dan merica. Anda juga bisa menambahkan bahan seperti keju atau sayuran sesuai selera. Cara membuatnya pun mudah: kocok telur, tambahkan garam dan merica, lalu masak di atas wajan anti lengket. Telur dadar bisa disajikan sebagai lauk atau tambahan dalam nasi goreng atau mie.

2. Scrambled Egg

Scrambled egg atau telur ceplok digoreng ini cocok untuk sarapan atau camilan. Selain telur, Anda bisa menambahkan susu, keju, atau bahan lain agar rasa semakin lezat. Cara membuatnya juga mudah: kocok telur dengan bahan tambahan, lalu goreng di atas wajan anti lengket sambil diaduk hingga matang. Scrambled egg bisa disajikan bersama roti panggang atau salad.

3. Omelet

Omelet adalah olahan telur yang populer di seluruh dunia. Anda bisa menambahkan berbagai bahan seperti sayuran, daging, keju, atau jamur sesuai selera. Cara membuatnya pun mudah: kocok telur dengan bahan tambahan, masak di atas wajan anti lengket, lalu lipat dua saat setengah matang. Omelet bisa disajikan sebagai menu sarapan atau makan siang.

4. Telur Rebus

Telur rebus mungkin merupakan olahan telur yang paling sederhana, tapi tetap enak dan kaya gizi. Anda bisa mengatur tingkat kematangan sesuai selera, mulai dari kuning telur yang masih cair hingga matang sempurna. Telur rebus bisa disajikan sebagai menu sarapan atau juga sebagai bahan untuk salad atau sandwich.

5. Telur Goreng

Telur goreng juga merupakan olahan telur yang sederhana namun enak. Anda bisa mengatur tingkat kematangan sesuai selera, mulai dari telur setengah matang hingga matang sempurna. Telur goreng bisa disajikan sebagai tambahan dalam nasi goreng atau mie, atau juga sebagai lauk utama.

6. Telur Mata Sapi

Telur mata sapi juga menjadi olahan telur yang populer. Telur ini diolah dengan cara goreng setengah matang, sehingga kuningnya masih cair. Anda bisa menambahkan bahan seperti kecap, saus sambal, atau keju untuk memperkaya rasanya. Telur mata sapi bisa disajikan sebagai lauk tambahan atau juga dalam bentuk burger atau sandwich.

7. Telur Balado

Bagi yang suka pedas, telur balado bisa menjadi pilihan olahan telur yang lezat. Caranya adalah dengan menggoreng telur setengah matang, lalu sajikan bersama saus balado yang pedas. Saus balado bisa dibuat sendiri dari cabai, bawang putih, dan bahan lainnya, atau membeli yang sudah jadi. Telur balado bisa disajikan sebagai lauk tambahan atau juga sebagai hidangan utama bersama nasi.

8. Telur Pindang

Telur pindang adalah olahan telur khas Indonesia yang nikmat. Telur direbus dalam campuran air, garam, dan bahan-bahan lain seperti daun salam atau cengkeh, sehingga menjadi berwarna coklat kehitaman dan memiliki rasa yang gurih. Telur pindang bisa disajikan sebagai hidangan utama bersama nasi atau sebagai cemilan.

9. Telur Ceplok Kecap

Ini adalah olahan telur yang mudah dan cepat dibuat, namun tetap lezat. Telur ceplok digoreng, lalu diberi saus kecap, bawang merah, dan cabai rawit. Anda juga bisa menambahkan bahan lain seperti tomat atau wortel. Telur ceplok kecap bisa disajikan sebagai lauk tambahan atau juga sebagai camilan.

10. Telur Asin

Telur asin adalah olahan telur yang diawetkan dengan cara direndam dalam air garam atau campuran bahan lain. Selain rasanya yang gurih, telur asin juga dikenal karena keawetannya yang lama. Anda bisa mengonsumsinya langsung atau sebagai bahan untuk mie atau bubur.

11. Telur Kornet

Telur kornet adalah olahan telur yang dibuat dengan mencampurkan telur, kornet, dan bahan-bahan lain seperti saus tomat atau keju. Cara membuatnya juga mudah: kocok telur dengan bahan lain, lalu masak di atas wajan anti lengket. Telur kornet bisa disajikan sebagai lauk tambahan atau juga sebagai camilan.

12. Telur Gulung

Telur gulung atau egg roll adalah olahan telur yang diisi dengan sayuran atau daging cincang. Cara membuatnya adalah dengan menumis bahan isian, lalu membungkusnya dengan telur dadar yang digulung. Telur gulung bisa disajikan sebagai menu sarapan atau makan siang.

13. Telur Suwir

Telur suwir adalah olahan telur yang diiris tipis-tipis dan dicampurkan dengan bahan lain seperti sayuran dan daging. Cara membuatnya adalah dengan mengiris telur dadar setipis mungkin, lalu memotongnya menjadi suwir-suwir. Telur suwir bisa disajikan sebagai lauk atau tambahan dalam mie atau bubur.

14. Telur Bumbu Bali

Telur bumbu Bali adalah olahan telur yang diolah dengan bumbu khas Bali seperti cabai, bawang putih, dan kemiri. Cara membuatnya adalah dengan menggoreng telur setengah matang, lalu memasaknya bersama bumbu hingga meresap. Telur bumbu Bali bisa disajikan sebagai lauk utama bersama nasi atau sebagai hidangan tambahan.

15. Telur Masak Kecap

Telur masak kecap adalah olahan telur yang diolah dengan bahan-bahan seperti kecap, bawang putih, dan gula. Cara membuatnya adalah dengan menggoreng telur setengah matang, lalu memasaknya bersama bahan-bahan tambahan hingga meresap. Telur masak kecap bisa disajikan sebagai lauk utama atau tambahan dalam nasi goreng atau mie.

16. Telur Petis

Telur petis adalah olahan telur yang diolah dengan petis, bawang putih, dan bahan-bahan lain. Cara membuatnya adalah dengan menggoreng telur setengah matang, lalu memasaknya bersama bahan-bahan tambahan hingga meresap. Telur petis bisa disajikan sebagai lauk utama bersama nasi.

17. Telur Kari

Telur kari adalah olahan telur yang diolah dengan bumbu kari. Cara membuatnya adalah dengan menggoreng telur setengah matang, lalu memasaknya bersama bumbu kari hingga meresap. Telur kari bisa disajikan sebagai lauk utama bersama nasi atau roti.

18. Telur Goreng Saus Tiram

Telur goreng saus tiram adalah olahan telur yang diolah dengan saus tiram, bawang putih, dan cabai merah. Cara membuatnya adalah dengan menggoreng telur setengah matang, lalu memasaknya bersama bahan-bahan tambahan hingga meresap. Telur goreng saus tiram bisa disajikan sebagai lauk utama bersama nasi atau mie.

19. Telur Katsu

Telur katsu adalah olahan telur yang diolah dengan tepung roti dan digoreng hingga renyah. Cara membuatnya adalah dengan menggoreng telur setengah matang, lalu membungkusnya dengan tepung roti dan digoreng lagi. Telur katsu bisa disajikan sebagai lauk utama bersama nasi atau sebagai camilan.

20. Telur Benedict

Telur benedict adalah olahan telur yang diolah dengan cara merebus telur setengah matang, lalu disajikan dengan roti panggang, ham, dan saus hollandaise. Meski sedikit rumit, olahan telur ini cocok untuk acara makan malam atau brunch. Telur benedict bisa disajikan bersama salad atau kentang goreng.

Kesimpulan

Itulah 20 olahan telur yang nikmat dan mudah dibuat di rumah. Dari yang sederhana seperti telur dadar hingga yang rumit seperti telur benedict, semuanya cocok untuk dijadikan menu sarapan, makan siang, atau makan malam. Jadi, selalu siapkan telur di dapur dan eksplorasi kreativitas Anda dalam mengolahnya. Selamat mencoba!