Simak Perbedaan Apartemen Dan Rumah Susun Berikut Ini

Apartemen dan rusun sama-sama merupakan alternatif hunian vertikal yang wajib Anda coba, jika tinggal di pusat kota. Rumah susun menjadi alternatif bagi Anda yang memiliki budget terbatas dibanding apartemen yang harganya jauh lebih mahal. Salah satunya mungkin Anda bisa memilih Cervino Village.

Hunian ini berlokasi di daerah Kuningan dan Sudirman dengan fasilitas yang sudah pasti lengkap dan juga dekat dengan berbagai fasilitas publik. Selain rumah susun, tentu saja jika Anda punya budget yang besar bisa memilih untuk tinggal di apartemen. Sama-sama hunian vertikal lalu apa saja perbedaan dari kedua tipe hunian ini?

Perbedaan Apartemen dan Rumah Susun

Apartemen merupakan tempat tinggal yang terdiri dari ruangan duduk, kamar tidur hingga kamar mandi dan dapur serta ruangan lainnya yang berada pada satu lantai bangunan bertingkat besar dan mewah. Sementara untuk rumah susun adalah gedung dengan bangunan bertingkat yang terbagi atas beberapa tempat tinggal. Lalu apa perbedaan keduanya?

1. Target Pasar dan Harga

Yang pertama Anda bisa menemukan perbedaan paling terlihat antara apartemen dan rumah susun yaitu pada harga dan juga target pasar. Rumah susun tentu saja lebih menargetkan masyarakat menengah ke bawah, sementara untuk apartemen lebih fokus ke pasar menengah ke atas.

Dari sini bisa terlihat bahwa harga apartemen jauh lebih mahal dibanding rumah susun meskipun apartemen masih dibagi dalam beberapa tipe. Anda bahkan bisa memilih apartemen dengan harga paling rendah untuk yang tetap ingin punya apartemen.

Meski ada apartemen yang harganya rendah, harganya tetap akan lebih mahal dari satu unit rumah susun. Untuk itu, harus Anda pahami sebelum memutuskan untuk beli rumah susun atau apartemen jika melihat dari budget yang dimiliki.

2. Tipe dan Unit

Perbedaan juga bisa dilihat dari bagaimana tipe dan luas unit antara apartemen dan juga rumah susun. Ketika beli apartemen, maka Anda akan dihadapkan pada banyak tipe unit dan luas yang berbeda-beda sesuai kebutuhan. Mulai dari tipe apartemen yang paling kecil, yaitu tipe studio dengan luas 15 meter persegi.

Ada juga apartemen yang memiliki 3 kamar tidur sekaligus hingga tipe penthouse yang luasnya mencapai 900 meter persegi. Sementara untuk tipe rumah susun hanya menyediakan satu tipe unit rumah dengan luas yang sama. Tentu saja rumah susun memiliki luas yang lebih kecil, daripada apartemen biasa yang hanya terdiri dari dua kamar tidur.

3. Fasilitas

Dari segi fasilitas yang ditawarkan tentu saja juga berbeda. Apartemen memiliki fasilitas yang lebih lengkap mulai dari sarana dan prasarana. Untuk fasilitas publik apartemen memiliki fasilitas mulai dari kolam renang, untuk kendaraan mobil dan motor, tempat gym hingga tempat laundry, bahkan ada juga area foodcourt.

Tidak jarang juga apartemen dilengkapi dengan minimarket dan supermarket besar. Ini untuk menunjang kenyamanan para penghuni apartemen untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, tanpa harus jauh keluar apartemen.

Pada rumah susun umumnya hanya dilengkapi dengan fasilitas dasar seperti jaringan listrik, drainase hingga jaringan telepon. Untuk lahan parkir, biasanya cukup terbatas di area rumah susun. Bahkan tidak jarang beberapa rumah susun tidak menyediakan area untuk parkir mobil. Karena kembali lagi, target pasarnya untuk masyarakat yang tidak punya kendaraan.

4. Keamanan

Untuk keamanan pada apartemen bisa dibilang lebih tinggi karena tidak hanya dilengkapi oleh security tapi juga perangkat keamanan yang canggih seperti misalnya CCTV. Apartemen juga dilengkapi dengan sistem kode akses untuk pintu lobby dan lift, hingga sistem kunci otomatis setiap penghuni apartemen.

Security-nya tidak hanya ada di gerbang masuk tapi di tiap gedung atau tower. Namun di rumah susun, Anda tidak mungkin akan menemukan keamanan seperti ini bahkan banyak rusun yang tidak dilengkapi dengan security. Para penghuni rumah susun biasanya bekerja sama untuk bisa menyewa jasa security secara mandiri untuk menjaga keamanan rusun.

5. Tingkat Privasi

Bagaimana dengan tingkat privasi dari penghuni antara apartemen dan juga rumah susun? Tentu saja untuk apartemen biasanya kehidupannya lebih privat karena para penghuni umumnya tidak bersosialisasi satu sama lain. Berbeda dengan rumah susun yang memiliki kehidupan berkomplek.

Para penghuni rumah susun lebih sering bersosialisasi bahkan punya jadwal kumpul bersama rutin. Baik untuk sekedar rapat penghuni, kerja bakti hingga melakukan arisan.

Itu tadi beberapa perbedaan yang mencolok antara rumah susun dan apartemen yang sama-sama merupakan hunian vertikal. Untuk Anda yang sedang mencari hunian berupa apartemen hingga rumah susun yang harganya relatif terjangkau, maka bisa memilih lewat situs properti Rumah.com.

Situs properti terdepan di Indonesia ini menghadirkan pilihan properti untuk hunian dan juga sebagai sarana investasi. Anda juga bebas memilih antara hunian untuk jual beli maupun disewa. Informasi lebih lengkap bisa langsung mengunjungi Rumah.com