Tips Ajukan Kredit Mobil Baru Agar Aman dan Mulus

Memiliki mobil baru, tentu saja menjadi sebuah hal yang menyenangkan. Namun perjalanan untuk mendapatkannya dapat berbeda-beda. Ada yang membeli secara cash, ada juga yang memanfaatkan kredit. Apapun pilihannya, pastinya telah melalui pertimbangan yang matang.

Bagi para calon pembeli mobil, jika ingin menggunakan sistem kredit perlu mencermati beberapa hal. Salah satunya adalah dengan mengecek credit score. Hal ini berguna untuk mengetahui berapa tingkat kelayakan kredit, serta agar bisa tahu peluang kredit dapat disetujui.

Tips Ajukan Kredit Mobil

Meskipun hampir semua pengajuan kredit disetujui, namun tidak menutup kemungkinan kredit ditolak. Banyak hal yang menjadi pertimbangan bagi pihak leasing sebelum memutuskan untuk menyetujui atau menolaknya. Agar pengajuan kredit dapat lancar dan mulus, simak beberapa tips berikut ini.

1.  Pahami Berapa Besaran Uang Muka

Tips pertama yang bisa dilakukan adalah memahami tentang biaya-biaya selama kredit. Cek mulai dari besaran uang muka, cicilan perbulan, bunga angsuran, hingga biaya lainnya yang masuk dalam perhitungan kredit.

Pemilihan besaran uang muka, akan berpengaruh pada tenor pinjaman. Hal tersebut juga akan mempengaruhi besaran cicilan setiap bulannya. Ingat juga, dalam kredit juga terdapat biaya lainnya seperti biaya administrasi, provisi, dan juga biaya lainnya.

2.  Cek Kemampuan Bayar dan Data Kredit

Sebelum mengajukan kredit mobil, sangat penting untuk memastikan kemampuan finansial. Hitung dengan cermat, apakah mampu untuk menyelesaikan kewajiban kredit hingga berakhirnya masa tenor.

Apabila dihitung mampu, perhatikan data kredit sebelumnya. Cek kembali apakah data tersebut telah diperbarui sesuai dengan kondisi saat ini, atau masih menggunakan data lama. Misalnya saja alamat domisili, pekerjaan, status kredit sebelumnya apakah sudah bersih atau ada tunggakan.

3.  Terapkan Prinsip 5C

Tips selanjutnya adalah dengan menerapkan prinsip 5C. Selain memastikan beberapa hal sebelumnya, seperti credit score dan data kredit, pahami juga prinsip 5C ini. Biasanya pihak leasing akan menggunakan analisa kredit dengan menerapkan 5C tersebut.

a.  Character

Pengertian dari character ini adalah kepribadian dari calon debitur. Tentu saja pihak jasa kredit akan mencari calon debitur yang memiliki itikad baik dalam mengikuti proses kredit dengan baik. Selain itu juga berkomitmen menyelesaikan cicilan hingga selesai.

b.  Capacity

Definisi dari capacity disini yaitu, kemampuan dari calon debitur dalam mengelola kondisi keuangan pribadinya. Seperti yang telah dijelaskan, bahwa kredit akan berpengaruh pada keuangan pribadi. Untuk itulah diperlukan orang yang bisa mengelola keuangan agar tidak kolaps.

c.  Capital

Nilai dari aset yang dimiliki oleh calon debitur, juga menjadi hal yang penting dipahami. Dalam sebuah kredit, aset juga dijadikan sebagai jaminan ketika calon debitur gagal bayar. Pihak d. pemberi kredit akan memperhitungkan, apakah aset tersebut sesuai dengan nilai kredit.

d.  Collateral

Prinsip selanjutnya adalah nilai agunan atau jaminan kredit. Barang tersebut akan menjadi salah satu tolok ukur dalam pengajuan kredit apakah dapat disetujui atau tidak. Agunan ini bisa dengan menggunakan mobil yang dibeli tersebut.

e.  Condition

Faktor lainnya adalah condition atau kondisi. Hal-hal yang termasuk dalam prinsip condition ini antara lain, usia calon debitur, kondisi ekonomi nasional, kebijakan kredit, dan lainnya. meskipun faktor luar, namun hal ini cukup penting.

4.  Pilih Lembaga Pembiayaan yang Terpercaya

Diantara banyaknya lembaga pembiayaan, perlu untuk memilih yang memiliki legalitas, reputasi, serta kredibel. Kredit mobil bisa juga melalui bank. Tentunya antara bank maupun lembaga pembiayaan seperti SEVA, pasti memiliki proses yang berbeda.

5.  Rancang Skema Keuangan Baru

Dengan memutuskan membeli mobil secara kredit, otomatis akan merubah pola keuangan. Calon debitur harus bisa merancang skema keuangan untuk bisa menyesuaikan dengan pengeluaran. Hal ini penting agar cicilan lancar dan tidak terjadi kredit macet.

Tidak ada salahnya membeli mobil secara kredit. Namun penting untuk selalu mempertimbangan faktor-faktor yang terdapat didalamnya. Hal utama adalah kemampuan finansial. Jangan sampai memaksakan kredit ketika keuangan belum stabil.