Yuk Kenali Kategori Sandwich Generation Berikut Ini!

Generasi sandwich memberikan beban keuangan bagi generasi muda sekarang ini. Pihak yang memikul sebagai sandwich generation tersebut tentunya berada di usia produktif, sehingga bisa diandalkan untuk bisa menghidupi beberapa generasi sekaligus. Seorang yang terjebak ke dalam generasi sandwich tersebut terjebak menjadi daging diantara roti di atas dan di bawah seperti pada sandwich. Sehingga hal tersebut membuatnya berada di dalam posisi terjepit yang biasanya menanggung tidak hanya dirinya sendiri atau keluarga inti, tetapi juga banyak keluarga sekaligus. Hal tersebut dibedakan menjadi beberapa kategori yang bisa dikenali yaitu:

1. Traditional sandwich

Kategori pertama yang bisa dikenal adalah traditional sandwich yang merupakan generasi paling umum. Pada kategori ini bisa dikenal dari usia generasi sandwichnya yaitu usia 40-50 tahun. Hal tersebut membuatnya tentu saja merupakan usia yang tidak muda lagi. Tetapi usia 40-50 tahun sudah mempunyai anak dewasa tetapi masih menggantungkan finansialnya pada orang tua. Sehingga hal tersebut membuat orang tua yang termasuk ke generasi ini selain harus membiayai diri dan keluarganya juga kehidupan anak-anaknya yang dewasa tetapi belum mandiri secara finansial.

2. Extended traditional sandwich

Generasi sandwich selanjutnya yang bisa dikenali adalah extended traditional sandwich. Untuk kategori ini adalah orang yang sudah menikah dan mempunyai keluarga sendiri. Biasanya hal tersebut membuat seseorang untuk membiayai kehidupannya bersama keluarga. Akan tetapi bagi generasi sandwich yang termasuk ke dalam extended traditional sandwich ini juga harus membiayai hidup dengan keluarga lainnya yaitu orang tua dan saudaranya. Kategori ini harus membiayai orang tua dan saudara baik adik ataupun kakaknya yang masih membutuhkan dukungan secara finansial. Hal yang membedakan dari kategori ini adalah generasi extended tradisional sandwich juga membiayai saudara yang menjadi tanggung jawabnya.

3. Open faced sandwich

Kategori sandwich generation yang ketiga adalah open faced sandwich. Kategori ini pada mulanya adalah digunakan untuk orang yang terlibat untuk merawat orang tua yang sudah lansia. Akan tetapi sekarang ini generasi ini lebih dikenal sebagai orang yang sudah menikah dan mempunyai anak. Hal tersebut banyak dianggap mempunyai pengeluaran yang belum terlalu besar dibandingkan yang sudah mempunyai anak. Sehingga hal tersebut membuatnya menjadi orang yang diandalkan untuk membiayai orang tuanya atau saudaranya.

4. Extended open faced sandwich

Kategori selanjutnya yang perlu dikenali untuk lebih mengenal generasi sandwich adalah extended open faced sandwich. Kategori ini sendiri sama seperti sebelumnya tetapi mempunyai perbedaan. Di mana untuk open faced sandwich tidak hanya membiayai keluarganya tetapi juga orang tua atau saudaranya. Sedangkan untuk extended open faced sandwich membiayai tidak hanya salah satunya tetapi keduanya yaitu orang tua dan saudaranya.

5. Club sandwich

Kategori terakhir adalah club sandwich yang merupakan orang dengan kebutuhan untuk menanggung banyak generasi sekaligus. Hal tersebut tentu saja akan menjadi beban karena tidak hanya menanggung beban keluarganya, tetapi juga orangtua, saudara, kakek, hingga cucu sekaligus. Sehingga jenis ini terjadi pada orang yang berusia 50-60 tahun atau usia lanjut dan mempunyai anak sudah dewasa tetapi menggantungkan diri pada orangtuanya.

Di atas merupakan lima kategori yang termasuk ke dalam sandwich generation. Bagi Anda yang termasuk dan mengalami menjadi generasi sandwich dan berada pada posisi terjepit. Sebaiknya hindari sebisa mungkin agar anak Anda tidak mengalami hal yang sama karena tentunya akan menjadi beban untuk diri sendiri karena harus menanggung biaya banyak keluarga sekaligus.