Tue. Jul 23rd, 2024

Selamat datang Sobat SinarNarasi! Kali ini kita akan membahas tentang cara masak opor ayam yang nikmat dan mudah. Siapa yang tidak suka dengan opor ayam? Makanan yang satu ini memang menjadi salah satu makanan yang paling disukai oleh banyak orang. Selain rasanya yang enak, cara membuatnya pun relatif mudah. Mari kita simak cara membuat opor ayam yang enak dan lezat ini!

Pertama-tama, kita harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan-bahan yang kita butuhkan untuk membuat opor ayam ini cukup sederhana dan mudah didapatkan. Bahan-bahan yang kita butuhkan antara lain ayam, bumbu opor, santan, dan bahan pelengkap seperti daun salam, serai, dan lainnya. Ayam yang digunakan bisa ayam kampung atau ayam negeri sesuai selera.

Setelah semua bahan tersedia, pertama-tama kita harus membersihkan ayam terlebih dahulu. Bersihkan ayam menggunakan air yang mengalir, lalu potong-potong ayam sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Setelah itu, marinasi ayam dengan bumbu opor dan diamkan selama 30 menit agar bumbu meresap ke dalam ayam.

Selanjutnya, panaskan wajan dan tumis bumbu opor hingga harum dan matang. Setelah itu, masukkan ayam yang sudah dimarinasi tadi ke dalam wajan dan aduk-aduk hingga ayam berubah warna. Tuangkan santan ke dalam wajan dan tambahkan daun salam dan serai. Masak semua bahan hingga santan mendidih dan bumbu meresap ke dalam ayam.

Setelah itu, kecilkan api dan biarkan opor ayam mendidih dengan api kecil selama 30 menit hingga ayam empuk dan bumbu meresap sempurna. Selama proses memasak, jika dirasa santan terlalu kental, bisa ditambahkan air secukupnya agar opor ayam tidak terlalu kental.

Setelah 30 menit, tes rasanya dan tambahkan garam sesuai selera. Setelah itu, matikan api dan angkat opor ayam. Opor ayam siap disajikan dengan nasi putih dan lalapan seperti timun dan daun kemangi. Selamat mencoba!

Tips tambahan untuk membuat opor ayam yang enak adalah jangan terlalu banyak mengaduk-aduk ayam selama dimasak agar ayam tidak hancur. Selain itu, pilihlah santan yang berkualitas agar opor ayam tidak mudah rusak dan lebih awet. Pastikan pula bahwa santan yang digunakan tidak terlalu kental, karena santan yang terlalu kental dapat membuat opor ayam terasa berat dan kurang enak.

Selain itu, jika ingin opor ayam yang lebih pedas, bisa menambahkan cabe rawit atau cabe merah sesuai selera. Namun, jika tidak suka pedas, bisa tidak menambahkan cabe dan mengikuti resep di atas. Selain itu, opor ayam juga bisa ditambahkan dengan bahan pelengkap lainnya seperti kentang, telur rebus, dan lainnya sesuai selera.

Untuk penyimpanannya, opor ayam bisa disimpan di dalam kulkas selama beberapa hari jika disimpan dalam wadah tertutup. Namun, sebaiknya tidak disimpan terlalu lama karena bisa membuat opor ayam cepat basi dan kurang enak. Sebaiknya langsung dimakan atau disajikan setelah dimasak.

Kesimpulan

Membuat opor ayam memang tidak sulit, bahkan bisa dilakukan oleh pemula sekalipun. Dengan resep yang sederhana dan bahan-bahan yang mudah didapatkan, kita bisa membuat opor ayam yang lezat dan nikmat. Selama proses memasak, pastikan agar santan tidak terlalu kental dan sesekali diaduk-aduk agar bumbu meresap sempurna. Selain itu, opor ayam juga bisa ditambahkan dengan bahan pelengkap lainnya seperti kentang, telur rebus, dan lainnya sesuai selera. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

By Mila