Tue. Jul 23rd, 2024

Cumi Asin, Jenis Makanan Laut Yang Populer

Hello Sobat SInarNarasi! Siapa yang tidak kenal dengan cumi asin? Makanan laut yang satu ini memang sudah menjadi favorit banyak orang, terutama di Indonesia. Cumi asin adalah cumi-cumi yang dikeringkan dan dicampur dengan garam sehingga muncul rasa asin yang khas. Makanan ini memang tidak asing lagi, banyak orang yang menjadikan cumi asin sebagai hidangan favorit saat makan siang atau malam. Selain rasanya yang lezat, cumi asin juga kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sejarah Munculnya Cumi Asin di Indonesia

Cumi asin sudah menjadi bagian dari budaya kuliner Indonesia sejak lama. Menurut sejarah, cumi asin pertama kali diimpor dari Tiongkok dan mulai populer pada era tahun 1970-an. Kala itu, cumi asin menjadi makanan yang sangat diminati oleh orang Indonesia. Hingga kini, cumi asin tetap menjadi salah satu makanan laut yang populer di Indonesia.

Bahan-Bahan yang Digunakan untuk Membuat Cumi Asin

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat cumi asin sangat sederhana, yakni cumi-cumi segar dan garam halus. Namun, dalam proses pembuatan cumi asin, tak jarang orang menambahkan bumbu lainnya seperti cabe rawit, bawang putih, atau lada hitam. Bumbu-bumbu tersebut digunakan untuk menambah cita rasa dan aroma pada cumi asin.

Cara Membuat Cumi Asin

Untuk membuat cumi asin, pertama-tama kalian harus membersihkan dan memotong cumi-cumi segar menjadi potongan kecil. Kemudian, campurkan potongan cumi-cumi tersebut dengan garam halus secukupnya. Pastikan cumi-cumi tercampur rata dengan garam. Setelah itu, jemur cumi-cumi di bawah sinar matahari hingga kering. Proses pengeringan ini akan memakan waktu sekitar 1-2 hari tergantung suhu dan kelembaban udara. Setelah kering, cumi asin siap disajikan.

Ragam Olahan Cumi Asin

Cumi asin dapat disajikan dalam berbagai cara. Ada yang menyajikannya dengan cara digoreng kering, ada pula yang mengolahnya menjadi sajian dengan bumbu tertentu seperti cabe rawit dan bawang putih. Selain itu, ada juga yang menyajikan cumi asin sebagai topping pada nasi goreng atau mie goreng. Apapun bentuknya, cumi asin tetap bisa memberikan cita rasa yang lezat dan menggugah selera.

Kelezatan Cumi Asin yang Menggugah Selera

Cumi asin memang memiliki cita rasa yang khas. Rasa asin yang tercampur dengan aroma ikan laut memberikan sensasi kenikmatan tersendiri saat disantap. Selain itu, kelezatan cumi asin juga terletak pada teksturnya yang kenyal dan empuk di dalam mulut. Rasanya yang gurih juga cocok disajikan sebagai hidangan pelengkap saat makan siang atau malam.

Nutrisi yang Terkandung dalam Cumi Asin

Cumi asin ternyata kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Cumi asin mengandung protein yang tinggi sehingga baik untuk menjaga kesehatan otot dan tulang. Selain itu, cumi asin juga mengandung zat besi, vitamin B12, dan omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung dan otak.

Cumi Asin Sebagai Makanan Sehat

Meskipun rasanya yang lezat, cumi asin tetap bisa menjadi makanan sehat jika dikonsumsi dengan bijak. Selain kaya akan nutrisi, cumi asin juga rendah kalori sehingga aman untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang menjalani program diet. Namun, tetaplah mengonsumsinya dengan porsi yang seimbang agar tidak membahayakan kesehatan tubuh.

Cara Memilih Cumi Asin yang Baik

Agar mendapatkan cumi asin yang berkualitas, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilihnya. Pertama, pastikan cumi asin yang dipilih masih segar dan belum kadaluarsa. Kedua, perhatikan warna cumi asin yang harus berwarna putih kekuningan. Ketiga, aroma cumi asin harus wangi dan segar, bukan bau tengik atau asam.

Tips Mengolah Cumi Asin

Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengolah cumi asin agar hasilnya lebih enak dan lezat. Pertama, jangan terlalu banyak menggunakan garam agar tidak terlalu asin. Kedua, jangan terlalu lama mengeringkan cumi asin di bawah sinar matahari agar tidak terlalu keras. Ketiga, tambahkan bumbu lainnya seperti cabe rawit atau bawang putih untuk menambah cita rasa dan aroma pada cumi asin.

Keunikan Cumi Asin dalam Budaya Kuliner Indonesia

Cumi asin tidak hanya lezat, namun juga memiliki keunikan dalam budaya kuliner Indonesia. Makanan ini menjadi salah satu makanan laut yang populer di berbagai daerah di Indonesia seperti Surabaya, Medan, dan Manado. Selain itu, cumi asin juga sering disajikan pada acara-acara besar seperti pernikahan atau acara keluarga lainnya.

Cumi Asin sebagai Oleh-Oleh Khas Daerah

Tidak hanya sebagai makanan lezat, cumi asin juga bisa dijadikan oleh-oleh khas daerah. Karena kelezatannya yang sudah terkenal, cumi asin sering dibeli oleh wisatawan sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke daerah yang terkenal dengan makanan ini. Oleh-oleh cumi asin biasanya dijual di pasar tradisional atau toko oleh-oleh.

Budaya Makan Cumi Asin di Luar Negeri

Ternyata, cumi asin juga menjadi makanan yang populer di luar negeri. Beberapa negara seperti Korea Selatan dan Jepang memiliki makanan serupa dengan cumi asin yang dikenal dengan nama “squid jerky” atau “ika no kari-kari”. Meskipun memiliki cara pembuatan yang berbeda, namun tetap memiliki cita rasa yang asin dan lezat.

Kesimpulan

Cumi asin memang menjadi makanan laut yang populer di Indonesia dan memiliki kelezatan yang menggugah selera. Tidak hanya lezat, cumi asin juga kaya akan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Ada beberapa cara untuk mengolah cumi asin menjadi hidangan yang lezat dan enak. Jadi, jangan ragu lagi untuk mencicipi kelezatan cumi asin yang menggugah selera!

By Mila