Klapertart, Kelezatan yang Tak Terbantahkan

Sejarah Klapertart

Hello Sobat SinarNarasi, kali ini kita akan membahas tentang klapertart. Siapa sih yang tidak kenal dengan kue satu ini? Klapertart merupakan salah satu jenis kue yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Namun, kini klapertart telah menjadi salah satu kue populer di seluruh Indonesia dan bahkan di luar negeri. Dikatakan bahwa klapertart pertama kali dibuat oleh seorang perempuan asal Manado yang bernama Meintje Tuhumury.

Klapertart dibuat dengan bahan-bahan utama seperti kelapa, susu, telur, dan gula. Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur dan dipanggang dalam oven hingga matang dan berwarna kecokelatan. Klapertart memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis serta gurih.

Keunikan Klapertart

Klapertart memiliki keunikan tersendiri yang membuatnya sangat digemari oleh banyak orang. Salah satu keunikan klapertart adalah pada bagian topping-nya. Topping klapertart terdiri dari campuran kelapa parut dan keju parut yang kemudian diberikan taburan kismis atau cherry. Topping ini memberikan rasa dan aroma yang khas pada klapertart.

Selain itu, klapertart juga memiliki lapisan karet yang terbentuk akibat proses pemanggangan. Lapisan ini memberikan sensasi garing pada bagian luar klapertart dan tekstur lembut pada bagian dalamnya. Kombinasi antara kelapa yang gurih, susu yang manis, dan telur yang lembut membuat klapertart menjadi kue yang sangat disukai oleh banyak orang.

Varian Klapertart

Seiring berjalannya waktu, klapertart pun mengalami perkembangan dan variasi. Kini, klapertart tidak hanya tersedia dalam bentuk original dengan topping kelapa dan keju. Ada juga varian klapertart dengan topping coklat, durian, dan bahkan matcha. Selain itu, klapertart juga dapat dibuat dengan tambahan buah-buahan seperti stroberi, blueberry, atau mangga untuk memberikan rasa yang lebih segar dan unik.

Klapertart tidak hanya dapat dinikmati sebagai kue untuk acara spesial, namun juga dapat menjadi camilan yang lezat untuk menemani waktu bersantai. Klapertart juga sering dijadikan oleh-oleh khas dari sebuah daerah atau negara.

Cara Membuat Klapertart

Jika Sobat SinarNarasi ingin mencoba membuat klapertart sendiri di rumah, berikut adalah bahan dan cara membuat klapertart yang mudah dan praktis:

Bahan-bahan:

  1. 250 gram kelapa parut
  2. 9 butir telur ayam
  3. 200 gram gula pasir
  4. 150 ml susu cair
  5. 1 sdt vanili
  6. 50 gram tepung terigu
  7. 50 gram margarin, lelehkan

Cara Membuat:

  1. Panaskan oven pada suhu 180 derajat Celsius.
  2. Kocok telur dan gula pasir hingga putih dan mengembang.
  3. Masukkan tepung terigu sambil diayak dan aduk rata.
  4. Tambahkan susu, vanili, dan margarin, aduk rata kembali.
  5. Tambahkan kelapa parut dan aduk hingga rata.
  6. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dioles margarin dan taburi tepung tipis-tipis.
  7. Panggang klapertart selama kurang lebih 30-40 menit hingga matang dan berwarna kecokelatan.
  8. Angkat dan sajikan klapertart.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa klapertart merupakan kue yang sangat populer di Indonesia dan bahkan di luar negeri. Selain memiliki rasa yang lezat, klapertart juga memiliki keunikan dan variasi yang membuatnya semakin digemari. Jika Sobat SinarNarasi ingin mencoba membuat klapertart di rumah, jangan ragu untuk mencoba resep yang sudah dijelaskan di atas. Selamat mencoba!