Kue Apem: Lezatnya Jajanan Khas Indonesia

Apem, Kuliner Khas Nusantara

Hello Sobat SinarNarasi, kali ini saya ingin membahas tentang salah satu kuliner khas Indonesia yang sudah tidak asing lagi di telinga kita yaitu kue apem. Kue apem adalah salah satu jenis jajanan pasar yang biasanya dijual di pagi hari atau sore hari. Jajanan ini terbuat dari tepung beras dan gula merah serta memiliki tekstur yang empuk dan kenyal. Kue apem juga memiliki varian rasa seperti original, pandan, dan coklat yang membuat kita ketagihan untuk mencobanya.

Sejarah dan Asal Usul Kue Apem

Kue apem memiliki sejarah yang panjang dan berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Di Jawa Tengah, kue apem sering disebut dengan nama “apem selong” yang berasal dari bahasa Jawa yang berarti “kue yang tebal”. Sedangkan di Jawa Timur, kue apem dikenal dengan sebutan “apem jawa” yang berasal dari bahasa Jawa yang berarti “kue”. Meskipun memiliki nama yang berbeda-beda, kue apem tetap menjadi jajanan yang populer di masyarakat Indonesia.

Bahan dan Cara Membuat Kue Apem

Untuk membuat kue apem, bahan utama yang dibutuhkan adalah tepung beras, air kelapa, ragi, dan gula merah. Pertama-tama, tepung beras dicampur dengan air kelapa dan ragi lalu aduk hingga merata. Setelah itu, gula merah yang sudah diparut ditambahkan ke dalam adonan dan diaduk kembali hingga rata. Kemudian, adonan dibiarkan selama 30-60 menit hingga mengembang. Setelah mengembang, adonan dicetak ke dalam cetakan dan dipanggang hingga matang. Kue apem siap disajikan dan dinikmati.

Cara Menikmati Kue Apem

Kue apem dapat dinikmati dengan berbagai cara, tergantung selera masing-masing. Beberapa orang menyukai kue apem yang dimakan langsung begitu saja, tanpa tambahan apapun. Namun, ada juga yang menambahkan kelapa parut atau taburan wijen untuk memberikan rasa yang lebih lezat dan gurih. Selain itu, kue apem juga dapat disajikan dengan kuah gula merah atau kacang hijau yang akan membuat rasanya semakin nikmat.

Keunikan dan Khasiat Kue Apem

Kue apem memiliki keunikan dan khasiat yang berbeda-beda tergantung dari varian rasa dan bahan tambahan yang digunakan. Kue apem original atau biasa disebut juga apem putih, memiliki rasa yang manis dan lembut. Sedangkan, kue apem pandan memiliki aroma yang harum dan warna yang hijau alami karena bahan dasarnya adalah daun pandan. Kue apem coklat memiliki rasa yang lebih kaya dan gurih karena menggunakan coklat bubuk sebagai bahan tambahan.Kue apem juga memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh, karena terbuat dari bahan-bahan alami yang mudah dicerna oleh tubuh. Kue apem yang terbuat dari tepung beras dapat membantu mengatasi masalah pencernaan dan memberikan energi yang cukup bagi tubuh. Selain itu, kue apem juga diketahui memiliki kandungan gula yang rendah jika dibandingkan dengan jajanan pasar lainnya, sehingga aman dikonsumsi oleh orang yang memiliki masalah kesehatan tertentu.

Kue Apem di Era Digital

Kue apem yang dulunya hanya dijual di pasar tradisional, kini sudah mudah ditemukan di berbagai toko kue atau cafe. Bahkan, kue apem juga bisa dipesan secara online melalui aplikasi delivery food atau marketplace. Hal ini membuktikan bahwa kue apem masih menjadi salah satu kuliner khas Indonesia yang populer dan diminati oleh masyarakat.

Kesimpulan

Tidak bisa dipungkiri bahwa kue apem adalah salah satu kuliner khas Nusantara yang lezat dan nikmat. Dengan berbagai varian rasa dan cara penyajian yang berbeda-beda, kue apem selalu berhasil memikat hati para pecinta kuliner. Meskipun hadir di era digital, kue apem masih tetap menjadi salah satu jajanan pasar yang populer dan menjadi bagian dari identitas budaya Indonesia. Jadi, jangan ragu untuk mencoba dan menikmati kelezatan kue apem.