Tue. Jul 23rd, 2024

Manis, Renyah, dan Gurih: Apa Itu Kue Semprong?

Hello Sobat SinarNarasi! Siapa yang tak kenal dengan kue semprong? Mungkin beberapa dari kalian menganggapnya sebagai camilan khas Tiongkok, namun sebenarnya kue semprong memiliki sejarah panjang di Indonesia. Terbuat dari campuran tepung terigu, santan, telur, dan gula, kue semprong memiliki cita rasa yang manis, renyah, dan gurih. Biasanya kue ini dijual dalam bentuk bulat atau lonjong dengan motif yang khas berbentuk corak atau garis-garis. Dalam bahasa Hokkian, kue semprong disebut dengan “kue lapis”.

Sejarah Kue Semprong dan Asal Usulnya

Tahukah kamu bahwa kue semprong sebenarnya berasal dari Belanda? Ya, kue semprong awalnya dikenal sebagai “kue kipper” atau “kue krebok” di Belanda. Konon, kue ini pertama kali dibuat pada abad ke-18 oleh para pedagang Belanda yang ingin membuat camilan istimewa untuk dijual di pasar. Namun, saat itu kue semprong masih berbahan dasar tepung terigu dan telur saja.Ketika kue semprong mulai diperkenalkan di Indonesia, tepung terigu yang digunakan diganti dengan tepung ketan. Hal ini dilakukan karena tepung ketan lebih mudah didapatkan di Indonesia dan harganya lebih murah. Tak hanya itu, para penjual kue semprong juga menambahkan santan dan gula sebagai bahan tambahan sehingga kue semprong memiliki cita rasa yang lebih kaya dan lezat.

Cara Membuat Kue Semprong yang Enak dan Renyah

Bagi kalian yang ingin membuat kue semprong sendiri di rumah, berikut adalah beberapa langkah mudah yang bisa kalian ikuti:1. Campurkan tepung ketan, tepung terigu, garam, dan gula pasir dalam sebuah wadah.2. Tambahkan santan, susu cair, dan telur, aduk hingga rata.3. Panaskan cetakan semprong dan olesi dengan sedikit minyak goreng.4. Tuang adonan kue ke dalam cetakan, lalu tutup rapat.5. Panggang cetakan semprong hingga kue matang dan berwarna kuning kecokelatan.6. Angkat kue semprong dari cetakan dan dinginkan.

Varian Rasa dan Penyajian Kue Semprong

Selain rasa gula pasir yang klasik, kue semprong juga memiliki varian rasa lainnya yang bisa kalian coba, seperti rasa keju, cokelat, pandan, dan kacang hijau. Untuk penyajiannya, kue semprong biasanya disajikan dalam wadah kecil atau kotak dan dihias dengan kertas minyak.Kue semprong juga sering dijadikan oleh-oleh khas dari daerah tertentu di Indonesia, seperti Palembang dan Medan. Di Palembang, kue semprong biasanya disajikan dengan sambal ikan atau disebut dengan “pempek”. Sedangkan di Medan, kue semprong sering dijadikan sebagai campuran es kacang merah atau disebut dengan “biji salak”.

Keistimewaan Kue Semprong dibandingkan dengan Kue Lain

Salah satu keistimewaan dari kue semprong adalah teksturnya yang sangat renyah dan gurih. Hal ini dikarenakan kue semprong dibuat dengan cara dipanggang dalam cetakan yang khusus hingga matang dan berwarna kecokelatan. Selain itu, kue semprong juga memiliki aroma khas yang memikat dan membuatnya menjadi camilan yang sangat digemari oleh banyak orang.

Popularitas Kue Semprong di Indonesia

Di Indonesia, kue semprong bisa ditemukan dengan mudah di pasar tradisional atau toko kue. Selain itu, kue semprong juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas dari daerah tertentu. Kue semprong juga populer di kalangan wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia dan ingin mencoba camilan khas dari negara ini.

Kreativitas Mengolah Kue Semprong

Tidak hanya sebagai camilan saja, kue semprong juga bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan lainnya. Beberapa contoh kreasi hidangan dari kue semprong antara lain adalah:- Kue semprong goreng- Kue semprong isi cokelat atau keju- Kue semprong sebagai topping pada es krim atau puding- Kue semprong sebagai pengganti pie crust pada pie buah

Nilai Gizi dari Kue Semprong

Meskipun rasanya yang lezat, kue semprong sebenarnya tidak memiliki nilai gizi yang tinggi. Kue semprong mengandung banyak gula dan tidak memiliki kandungan serat yang cukup. Oleh karena itu, konsumsilah kue semprong dengan bijak dan jangan terlalu berlebihan.

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi mengenai kue semprong, camilan khas Indonesia yang memiliki cita rasa manis, renyah, dan gurih. Mulai dari sejarah dan asal usulnya, cara membuat, varian rasa, hingga popularitasnya di Indonesia, semoga artikel ini bisa memberikan pengetahuan dan inspirasi bagi kalian untuk mencoba kue semprong sendiri di rumah atau mencarinya di pasar tradisional. Jangan lupa untuk mengonsumsi kue semprong dengan bijak, ya!

By Mila