Sat. Jul 13th, 2024

Cimol, Si Camilan Kekinian yang Selalu Jadi Favorit

Hello Sobat SInarNarasi, siapa yang tak kenal dengan cimol? Camilan kekinian yang satu ini selalu menjadi favorit untuk disantap di tengah kebosanan atau sebagai teman nongkrong bersama teman-teman. Cimol memiliki citarasa yang unik dan tekstur yang renyah. Tidak heran jika camilan satu ini menjadi pilihan utama untuk memuaskan lidah para penikmat kuliner. Nah, kali ini SinarNarasi akan berbagi resep cimol yang mudah dan praktis untuk kamu coba di rumah. Yuk simak selengkapnya!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat cimol, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kamu persiapkan:- 250 gram tepung terigu- 50 gram tepung tapioka- 1 sendok teh garam- 1 sendok teh gula pasir- 1 sendok teh kaldu ayam bubuk- 2 siung bawang putih, haluskan- 2 sendok makan daun bawang, iris halus- 200 ml air matang- Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Cimol

Setelah semua bahan siap, langkah selanjutnya adalah membuat adonan cimol. Berikut adalah cara membuat cimol yang mudah dan praktis:1. Campurkan tepung terigu, tepung tapioka, garam, gula pasir, kaldu ayam bubuk, bawang putih, dan daun bawang dalam sebuah wadah. Aduk rata.2. Tambahkan air matang sedikit-sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis dan tidak lengket di tangan.3. Ambil satu sendok makan adonan, bulatkan dengan tangan hingga berbentuk bola kecil.4. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang.5. Goreng bola adonan hingga matang dan berwarna kecoklatan.6. Angkat dan tiriskan.

Cimol Siap Disantap

Setelah proses penggorengan selesai, cimol siap disantap. Cimol yang hangat dan renyah akan semakin nikmat bila disajikan bersama saus sambal atau mayonaise. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan topping sesuai dengan selera, seperti keju atau susu kental manis. Pastikan cimol yang disajikan dalam kondisi hangat agar lebih lezat.

Tips Membuat Cimol yang Lebih Sempurna

Agar hasil cimol yang kamu buat lebih sempurna, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan:1. Pastikan adonan cimol kalis dan tidak lengket di tangan agar saat digoreng, bola adonan tidak pecah.2. Saat menggoreng, gunakan api sedang agar cimol matang merata dan tidak gosong di bagian luar.3. Jangan terlalu sering membolak-balik cimol saat menggoreng agar kulitnya tetap renyah dan tidak melebar.

Kesimpulan

Demikianlah resep cimol yang mudah dan praktis untuk kamu coba di rumah. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan cara membuatnya yang sederhana, kamu bisa menikmati camilan enak dan renyah kapan saja. Selamat mencoba!

By Mila