Tue. Jul 23rd, 2024

Hello Sobat SinarNarasi, kali ini kita akan membahas tentang salah satu kuliner khas Palembang yang terkenal enak dan lezat, yaitu Tekwan. Siapa sih yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini? Tekwan merupakan hidangan yang terbuat dari ikan dan tepung sagu yang biasanya disajikan dalam kuah kaldu udang yang gurih. Mari kita simak mengenai sejarah, bahan-bahan, cara membuat dan rekomendasi tempat makan Tekwan di Palembang.

Sejarah Tekwan berasal dari Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia. Kuliner ini telah ada sejak zaman Kerajaan Sriwijaya, tepatnya pada abad ke-8. Di masa itu, Tekwan masih disebut sebagai hidangan makanan istana yang dibuat khusus untuk keluarga kerajaan. Namun, seiring berjalannya waktu, Tekwan kini telah menjadi makanan yang populer dan bisa ditemukan dengan mudah di pasar dan warung-warung makan di Palembang.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Tekwan terdiri dari ikan tenggiri atau ikan belida yang dihaluskan, tepung sagu, telur, bawang putih, merica, garam, dan bawang goreng sebagai taburan. Kuah kaldu Tekwan dibuat dari udang segar, tulang ikan, bawang putih, merica, dan garam. Semua bahan tersebut dicampur dan diaduk hingga merata, kemudian dibentuk bulat-bulat kecil seperti bakso.

Cara membuat Tekwan cukup mudah. Pertama-tama, aduk rata daging ikan, bawang putih, merica, garam, dan tepung sagu hingga adonan kalis. Kemudian, ambil sejumput adonan dan bulatkan dengan tangan. Lakukan hingga semua adonan habis. Setelah itu, rebus air hingga mendidih dan masukkan bola-bola Tekwan ke dalamnya. Biarkan selama 10-15 menit hingga Tekwan matang dan mengapung di atas air.

Tekwan biasanya disajikan dengan taburan bawang goreng dan irisan daun seledri sebagai pelengkap. Tak lupa, kuah kaldu udang juga menjadi bagian yang tak kalah penting. Tekwan yang lezat sangat cocok dinikmati bersama keluarga atau teman-teman.

Selain itu, ada juga variasi Tekwan yang bisa dicoba, seperti Tekwan Telur Puyuh, Tekwan Asam Pedas, dan Tekwan Kuah Santan. Tekwan Telur Puyuh memiliki tambahan telur puyuh yang menambah kelezatan hidangan ini. Tekwan Asam Pedas memiliki rasa asam yang segar dan pedas yang menggugah selera. Sedangkan Tekwan Kuah Santan memiliki kuah kaldu yang dicampur dengan santan, sehingga menghasilkan rasa kental dan creamy yang enak.

Bagi Sobat SinarNarasi yang ingin mencicipi Tekwan yang enak, berikut adalah beberapa rekomendasi tempat makan Tekwan di Palembang. Pertama, Tekwan 168 yang terletak di Jalan Letkol Iskandar, Palembang. Restoran ini terkenal dengan Tekwan-nya yang lezat dan harganya yang ramah di kantong. Kedua, Tekwan Pak Raden yang terletak di Jalan Hasanuddin No. 63, Palembang. Restoran yang satu ini menjadi favorit para penggemar Tekwan karena kuah kaldu udangnya yang sangat gurih dan kental.

Kesimpulannya, Tekwan merupakan makanan khas Palembang yang enak dan lezat. Hidangan ini terbuat dari ikan dan tepung sagu yang dibentuk seperti bakso dan disajikan dalam kuah kaldu udang yang gurih. Tekwan bisa dicicipi di berbagai tempat makan di Palembang, seperti Tekwan 168 dan Tekwan Pak Raden. Jadi, jangan lupa mencicipi lezatnya Tekwan saat berkunjung ke Palembang ya, Sobat SinarNarasi!

Terima kasih sudah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat!

By Mila