bumbu ayam rica rica

Pengenalan

Hello Sobat SinarNarasi, siapa yang tidak kenal dengan masakan khas dari Sulawesi Utara yang satu ini? Ya, Ayam Rica-Rica! Rasanya pedas dan sedap bikin lidah bergoyang. Tidak hanya di Sulawesi Utara, ayam rica-rica sudah populer di seluruh Indonesia, bahkan menjadi menu wajib di restoran Padang. Namun, taukah Sobat SinarNarasi bagaimana cara membuat bumbu ayam rica-rica yang enak dan lezat? Simak penjelasan berikut ini.

Ciri Khas Ayam Rica-Rica

Ayam rica-rica memang terkenal dengan rasa pedasnya yang bikin ketagihan. Rasa pedas tersebut berasal dari bumbu yang digunakan dalam pembuatannya. Bumbu ayam rica-rica terdiri dari cabai merah, cabai hijau, tomat, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, dan ketumbar. Selain itu, ditambahkan juga serai, daun jeruk, dan daun salam yang memberikan aroma khas pada masakan ini.

Bahan-Bahan Dalam Membuat Bumbu Ayam Rica-Rica

Agar bisa membuat ayam rica-rica yang enak, kita membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut:1. 1 ekor ayam kampung, potong-potong2. 10 cabai merah keriting3. 10 cabai hijau keriting4. 5 buah tomat5. 10 bawang merah6. 5 bawang putih7. 2 ruas kunyit8. 2 ruas jahe9. 2 sdt ketumbar10. 2 batang serai, memarkan11. 2 lembar daun salam12. 3 lembar daun jeruk13. Garam secukupnya14. Gula pasir secukupnya15. Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Bumbu Ayam Rica-Rica

Berikut langkah-langkah dalam membuat bumbu ayam rica-rica yang enak:1. Pertama-tama, tumis bumbu yang telah dihaluskan (cabai, tomat, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, dan ketumbar) menggunakan minyak goreng hingga harum.2. Tambahkan serai, daun salam, dan daun jeruk. Aduk merata hingga bumbu tercampur rata.3. Tambahkan potongan ayam dan aduk hingga ayam terbalut bumbu.4. Tambahkan garam dan gula pasir secukupnya. Aduk rata.5. Tuangkan air secukupnya dan biarkan hingga ayam matang dan bumbu meresap.6. Koreksi rasa dan ayam rica-rica siap disajikan.

Cara Menghidangkan Ayam Rica-Rica

Ayam rica-rica biasanya disajikan dalam keadaan panas dengan nasi putih dan sayuran segar. Sobat SinarNarasi dapat menambahkan irisan cabai rawit untuk penambah rasa pedas.

Varian Ayam Rica-Rica

Selain ayam, kita juga dapat membuat ayam rica-rica dengan varian daging lainnya, seperti daging sapi, daging kerbau, atau ikan. Kita hanya perlu merubah bahan utama, namun bumbu-bumbu lainnya tetap sama.

Pentingnya Memilih Bahan Baku Yang Berkualitas

Untuk mendapatkan masakan ayam rica-rica yang enak dan lezat, kita harus memilih bahan baku yang berkualitas. Ayam sebaiknya menggunakan ayam kampung yang memiliki daging yang lebih kenyal dan kaya akan cita rasa. Selain itu, cabai, tomat, dan bawang juga harus dipilih yang segar agar masakan yang dihasilkan menjadi lebih lezat.

Cara Menyimpan Ayam Rica-Rica

Jika Sobat SinarNarasi ingin menyimpan ayam rica-rica yang sudah dimasak, sebaiknya simpan dalam wadah tertutup dan letakkan dalam lemari pendingin. Ayam rica-rica dapat bertahan selama 1-2 hari jika disimpan dalam kondisi yang tepat.

Kesimpulan

Bumbu ayam rica-rica memang terkenal dengan rasa pedasnya yang bikin ketagihan. Bumbu tersebut terdiri dari cabai merah, cabai hijau, tomat, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, dan ketumbar. Pentingnya memilih bahan baku yang berkualitas dan cara penyimpanan yang tepat akan menjamin kelezatan masakan ayam rica-rica. Selamat mencoba!