Tue. Jul 23rd, 2024

Kenalan dengan Jengkol

Hello Sobat SinarNarasi! Kali ini, kita akan membahas tentang jengkol, yaitu salah satu bahan masakan yang seringkali dihindari karena baunya yang kurang sedap. Namun, jika diolah dengan benar, jengkol bisa menjadi bahan masakan yang lezat dan bergizi.Jengkol adalah buah dari pohon jengkol yang tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Dalam bahasa Inggris, jengkol disebut dengan nama “dogfruit” karena baunya yang mirip dengan bau kotoran anjing.Namun, jangan langsung menyerah untuk mencicipi jengkol. Jengkol ternyata mengandung banyak nutrisi seperti protein, serat, karbohidrat, dan vitamin. Selain itu, jengkol juga mengandung flavonoid yang berguna untuk melawan radikal bebas.

Masak Rendang Jengkol yang Lezat

Sekarang, kita akan membahas resep rendang jengkol yang nikmat untuk dicoba di rumah. Rendang jengkol adalah salah satu masakan khas Minang yang sudah terkenal di seluruh Indonesia. Berikut ini adalah bahan-bahan dan cara membuat rendang jengkol:Bahan-bahan:- 500 gram jengkol- 2.000 ml air- 500 ml santan kental- 2 lembar daun salam- 2 lembar daun jeruk- 3 batang serai, memarkan- 4 cm lengkuas, memarkan- 2 sendok makan garam- 1 sendok makan gula merah- Minyak goreng secukupnyaBumbu halus:- 10 butir bawang merah- 5 siung bawang putih- 10 butir kemiri, sangrai- 3 cm jahe- 3 cm kunyit- 10 buah cabe merah keritingCara membuat:1. Rebus jengkol dalam air yang sudah diberi garam selama 30 menit. Angkat dan tiriskan.2. Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, serai, dan lengkuas hingga harum.3. Masukkan jengkol, aduk-aduk hingga tercampur rata dengan bumbu.4. Tambahkan santan kental, gula merah, dan garam. Aduk-aduk hingga bumbu meresap dan rendang matang.

Tips Memasak Rendang Jengkol

Meski terlihat sederhana, memasak rendang jengkol ternyata memerlukan teknik yang tepat agar hasilnya bisa lezat dan enak. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memasak rendang jengkol yang nikmat:1. Rebus jengkol lebih lama agar baunya berkurang dan teksturnya lebih empuk.2. Gunakan santan kental agar rendang lebih gurih dan kaya.3. Gunakan bumbu yang tepat agar rendang tidak terlalu pedas atau terlalu tawar.4. Masak dengan api kecil agar rendang tidak cepat kering dan gosong.5. Tambahkan gula merah agar rendang lebih lezat dan nikmat.

Nikmati Rendang Jengkol dengan Nasi Hangat

Setelah berhasil memasak rendang jengkol yang lezat, sekarang saatnya untuk menikmati hidangan yang sudah siap disajikan. Sajikan rendang jengkol panas dengan nasi putih hangat dan lalapan segar seperti timun dan tomat.Rendang jengkol sangat cocok disajikan untuk acara makan bersama keluarga atau teman-teman. Selain enak, rendang jengkol juga mengandung banyak nutrisi yang berguna untuk tubuh.

Kesimpulan

Sekarang, Sobat SinarNarasi sudah tahu bahwa jengkol bukanlah bahan masakan yang harus dihindari karena baunya yang kurang sedap. Jengkol bisa diolah menjadi masakan yang lezat dan bergizi seperti rendang jengkol. Dengan mengikuti resep di atas dan tips memasak yang tepat, Sobat SinarNarasi bisa menikmati rendang jengkol yang nikmat di rumah. Selamat mencoba!

By Mila