Tue. Jul 23rd, 2024

Asal Usul Telur Gabus

Hello Sobat SinarNarasi! Kali ini kita akan membahas tentang telur gabus. Telur gabus atau yang juga dikenal dengan nama telur pindang adalah camilan khas Palembang yang terbuat dari telur bebek atau ayam yang direbus dengan campuran air garam dan kapur sirih. Telur gabus sudah ada sejak abad ke-15 dan menjadi camilan yang sangat populer di Palembang.

Cara Membuat Telur Gabus

Telur gabus dibuat dengan cara merebus telur bebek atau ayam dalam campuran air garam dan kapur sirih selama beberapa jam. Setelah direbus, kulit telur dipecahkan dan diambil bagian putihnya yang kemudian diiris tipis-tipis dan digoreng hingga kering. Proses pembuatan telur gabus memang memakan waktu yang cukup lama, namun hasilnya sangat nikmat dan enak untuk dijadikan camilan.

Rasa dan Tekstur Telur Gabus

Telur gabus memiliki rasa yang gurih dan asin. Ketika digigit, teksturnya renyah dan garing. Telur gabus sangat cocok dijadikan camilan saat santai atau sebagai pelengkap saat makan nasi.

Manfaat Telur Gabus

Telur gabus memiliki kandungan protein yang tinggi dan baik untuk memperkuat tulang dan otot. Selain itu, telur gabus juga mengandung kalsium dan fosfor yang baik untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang. Namun, karena proses pembuatannya yang menggunakan kapur sirih, sebaiknya telur gabus tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Tempat Membeli Telur Gabus

Jika Sobat SinarNarasi ingin mencoba telur gabus, bisa mencarinya di toko oleh-oleh khas Palembang atau di pasar tradisional. Telur gabus juga tersedia dalam kemasan siap saji yang bisa dibeli secara online.

Resep Telur Gabus Goreng

Bagi Sobat SinarNarasi yang ingin mencoba membuat telur gabus sendiri di rumah, berikut ini adalah resepnya:Bahan:- 10 butir telur bebek atau ayam- 1 liter air- 2 sdm garam- 4 sdm kapur sirihCara membuat:1. Rebus air, garam, dan kapur sirih hingga mendidih.2. Masukkan telur bebek atau ayam ke dalam air rebusan dan biarkan selama 2-3 jam hingga matang.3. Tiriskan telur dan pecahkan kulitnya. Ambil bagian putih telur dan iris tipis-tipis.4. Goreng irisan telur hingga kering dan renyah.5. Telur gabus siap disajikan sebagai camilan atau pelengkap makan nasi.

Kesimpulan

Telur gabus adalah camilan khas Palembang yang memiliki rasa gurih dan asin dengan tekstur renyah dan garing. Telur gabus juga mengandung protein, kalsium, dan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang dan otot. Jika Sobat SinarNarasi ingin mencoba telur gabus, bisa mencarinya di toko oleh-oleh khas Palembang atau membuatnya sendiri di rumah. Selamat mencoba!

By Mila